Analisis Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Provinsi Gorontalo

Rahma Rizal, Fahri Muhamad

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat (1) efektivitas dan (2) efesiensi pemungutan pajak Daerah pada Dinas Propinsi Gorontalo dengan mengambil data dari laporan realisasi anggran dari tahun 2014-2016 dalam analisis rasio dengan menggunakan rasio efektivitas dan rasio efesiensi. Hasil penelitian ini menemukan (1) bahwa rasio efektivitas pajak propinsi untuk tahun 2014 sebesar 95,07% dan termasuk dalam kriteria cukup efektif, tahun 2015 sebesar 87,36% dan termasuuk dalam kriteria kurang efektif dan tahun 2016 sebesar 87,72% dan termasuk dalam kriteria kurang efektif. (2) untuuk rasio efesiensi pemungutan pajak pada tahun 2014 diperoleh hasil sebesar 2,13% dan termasuk dalam kriteria sangat efesien, tahun 2015 sebesar 2,22% juga termasuk dalam kriteria sangat efesien dan tahun 2016 sebesar 2,08% dan termasuuk dalam kriteria sangant efesien. yang berarti bahwa untuk meningkatkan efektifitas penerimaan pajak di propinsi Gorontalo, maka perlu dilakukan upaya-upaya setiap tahunnya baik melalui pengawasan wajib pajak, meningkatkan sumberdaya manusia pengelola pajak melalui pelatihan-pelatihan, penyuluhan, melakukan pemutihan setiap tahunnya, menambah jumlah corner samsat dan sistem pajak online,,sistem pajak progresif, dan samsat keliling (samling), melakukan sosialisasi menjelaskan bahwa faktor yang menghambat dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak kendaraan bermotor (PKB) yaitu kepemilikan kendaraan bermotor yang masih rancu, seperti pembelian kendaraan bekas namun belum dibalik nama oleh pemilik yang baru.

Keywords

efektivitas; efisiensi; pemungutan pajak;

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Rozali. 2011. Pelaksanaan Otonomi Daerah dengan Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung. Jakarta: Rajawali Pers.

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Manajemen Pemerintah Daerah. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Adisasmita, Rahardjo. 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Enggar, Sri Rahayu dan Wahyudi. 2011. Analisis Efisiensi dan Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Provinsi Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora Volume 13 Nomor 1.

Indriantoro, Nur dan Bambang Suporno. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogykarta.

Kesit, Bambang Prakosa. 2005. Pajak dan Retribusi Daerah. Yogyakarta: UII Press Yogyakarta.

Khusaini, Mohammad. 2006. Ekonomi Publik Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah. Malang: Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Unit penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Mahmudi. 2010. Manajemen Keuangan Daerah. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mardiasmo. 2011. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi Offset.

Mustafa, Bob dan Abdul Halim. 2008. Pengukuran Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Aplikasi Manajemen Volume 7 Nomor 4.

Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah.

Urniawan, Panca dan Agus Purwanto. 2006. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Indonesia. Malang: Bayumedia Publishing.

Ulum, Ihyaul MD. 2009. Audit Sektor Publik Suatu Pengantar. Jakarta: Bumi Aksara Undang-Undang No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang No. 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Undang-Undang No. 28 tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. www.dppad.jatengprov.go.id

Waluyo. 2005. Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.