Analisis Margin Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Petani Jagung (Zea mays) Di Desa Suka Makmur Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo

Fatmawati Fatmawati, Zulham Zulham

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui margin pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato, serta (2) untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran jagung di Desa Suka Makmur Kecamatan Patilanggio Kabupaten Pohuwato. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi kualitatif dan kuantitatif (mixed-method) dengan tipe sequential (kombinasi berurutan) kualitatif-kuantitatif dimana bobot kuantitatif lebih besar dibanding kualitatif (qual-QUAN). Penelitian dilaksanakan di Desa Suka Makmur, Kecamatan Patilanggio, Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo. Analisis yang digunakan adalah Analisis Miles dan Huberman, analisis biaya dan keuntungan, analisis margin pemasaran, serta analisis efisiensi saluran pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Margin pemasaran jagung sebesar Rp 370 antara pedagang pengumpul dan pedagang besar. Pedagang pengumpul membeli hasil produksi jagung petani dengan harga Rp 2.330/kg kemudian dijual pada pedagang besar dengan harga Rp 2.700/kg. (2) Efisiensi saluran pemasaran jagung yaitu 13,43%. Hal ini berarti saluran pemasaran jagung sudah efisien.

Keywords

efisiensi; jagung; margin pemasaran; saluran pemasaran.

Full Text:

PDF

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Alfabeta. Bandung.

Asmarantaka, RW. 2002. Pemasaran Pertanian. Jurusan Ilmu-ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Badan Pusat Statistik. 2011. Gorontalo dalam Angka.

Cristoporus dan Sulaeman. 2009. Analisis Produksi dan Pemasaran Jagung di Desa Labuan Toposo Kecamatan Tawaeli Kabupaten Donggala. Jurnal Agroland 16 (2) :141- 147, Juni 2009.

Erzal, Muhammad Fauzan, Taslim dan Adjat Sudradjat Masdar. 2015. Analisis Saluran, Margin, dan Efisiensi Pemasaran Itik Lokal Pedaging. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Fitriadi, Farid. 2005. Analisis Pendapatan dan Margin Pemasaran Padi Ramah Lingkungan (Kasus di Desa Sukagalih, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya) (Skripsi). Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Jamilah. 2007. Analisis Kinerja Pasar pada Pemasaran Jagung. Jurnal Eksekutif. Volume 4, Nomor 3, Desember 2007.

Kotler, Philip. 1997. Menajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. PT. Prendhallindo. Jakarta.

Ningsih, Kustiawati. 2012. Analisis Saluran Pemasaran dan Marjin Pemasaran Petani Jambu Air Camplong (Syzygium aqueum). Jurnal Agromix. Volume 1 No. 1.

Putri, Yudhit Restika, Siswanto Imam Santoso dan Wiludjeng Roessali. 2014. Farmer Share dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Hijau (Vigna radiata, l.) di Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan. Jurnal Agri Wiralodra. Volume 6 No. 2-September 2014.

Rosmawati, Henny. 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Produksi Petani di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal AgronobiS, Vol. 3, No. 5, Maret 2011.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian Teori dan Aplikasinya. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Widiastuti, N. 2002. Tataniaga Jagung di Kabupaten Grobogan. Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.