POVERTY INFLUENTIAL FACTORS (Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan)

Joice Machmud, Harijono Imbran, Risnawati Batalipu

Abstract

                                         Abstract

The purpose of this study is to find out The Influence Factors Against Poor People in Limboto Coastal Area Telaga Biru District Gorontalo Regency.This study used primary and secondary data which base on case study analyze. The primary data sources was obtained from direct interview with several informants.Secondary data is obtained through documents related to research originating from the Telaga Biru District Office. This study used descriptive qualitative analyze method. Based on the study, it was concluded that The Influence Factors Against Poor People in Limboto Coastal Area Telaga Biru is alimited skills, lazy to work and human resources do not support in increasing the availability of production. This is showed that the poverty alleviation program on the coast of Lake Limboto should be increased again, with more supportive efforts to tackle poverty


                                         Abstrak

Tujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kemiskinan penduduk di pesisir Danau Limboto Kecamatan Telaga Biru. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan dasar penelitian yaitu studi kasus. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan beberapa informan. Data sekunder diperoleh melalui dokumen-dokumen terkait dengan penelitian yang berasal Kantor Camat Telaga Biru. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, faktor yang memengaruhi kemiskinan penduduk di pesisir Danau Limboto Kecamatan Telaga Biru adalah keterampilan yang terbatas, rendahnya kemauan untuk bekerja dan sumber daya manusia tidak menunjang dalam meningkatkan ketersediaan produksi. Hal ini menunjukan bahwa program pengentasan kemiskinan di pesisir Danau Limboto harus ditingkatkan lagi, dengan upaya-upaya yang lebih menunjang untuk penanggulangan kemiskinan

Keywords

Factors; Poverty; Coastal People of Limboto Lake ; Faktor ; Kemiskinan ; Penduduk Pesisir Danau Limboto

Full Text:

PDF

References

Buku :

Edi S, 2009. Kemiskinan dan Perlindungan Sosial di Indonesia: menggagas model jaminan sosial universal bidang kesehatan, Alvabeta, Bandung.

Kasim Muslim, 2006. Karakteristik kemiskinan di Indonesia dan strategi penanggulangannya. Indomedia, Jakarta

Sugiyono ,2014. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. Alvabeta,Bandung

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kombinasi (mixed methods),Alvabeta, Bandung.

Jurnal :

Chriswardani S. 2005. Memahami Kemiskinan Secara Multidimensional. JMPK, 8(3): 121-129

Yufi Halimah S & Fitrie A, 2012. Analisis Kemiskinan Rumah Tangga Melalui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya di Kecamatan Tugu Kota Semarang. Diponegoro Journal Of Economics. 01 (01): Hal 03.

Website :

Badan Pusat Statistik Provinsi Gorontalo Tahun 2010-2015, http://gorontalo.bps.go.id/ diakses pada tanggal 13 April 2016.

Pemerintah Kecamatan Telaga Biru (2015) diakses pada tanggal 10 April 2016

Article Metrics

Abstract View : 342 times
PDF Download : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.