Pemberdayaan Masyarakat Desa Topi Biau Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Pisang

Mohamad Afan Suyanto(1),


(1) Universitas Gorontalo
Corresponding Author

Abstract


Hasil kebun dalam hal ini buah pisang dari masyarakat desa Topi kecamatan Biau berpotensi untuk di olah menjadi sebuah produk makanan yang bernilai ekonomi tinggi, sehingga mampu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Tim pengabdian dari Unversitas Gorontalo melakukan kegiatan pengabdian di desa Topi dengan melakukan pelatihan pembuatan keripik pisang. Kegiatan ini dilakukan untuk mendorong meningkatnya perekonomian yang berbasis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Dimana kegiatan ini memiliki banyak kelebihan,mampu mendorong orang bekerja keras, disiplin tinggi dan meningkatkan daya kreativitas dan inovasi bagi masyarakat yang ingin memiliki penghasilan lebih tinggi. Dalam upaya membangun ekonomi nasional melalui sektor Usaha,Mikro,Kecil dan Menengah yang dalam istilah sering disebutkan UMKM ataupun usaha kecil, maka pemerintah memberi perhatian yang sangat besar dan mendapatkan prioritas untuk pembinaaan dan pengembangan dalam rangka memperkuat struktur ekonomi nasional.

Metode pelaksanaan pengabdian ini di laksanakan dengan 3 tahapan yakni sosialisasi, pembentukan kelompok dan pelatihan pembuatan keripik pisang. Hasil pengabdian menunjukkan masyarakat dan pemerintah desa, kecamatan serta kabupaten Gorontalo Utara merespon baik dan bersedia untuk menindaklanjuti kegiatan yang telah dimulai oleh tim pengabdi.

Kata Kunci: Keripik Pisang, UMKM, Perekonomian Masyarakat

References


Setiawan, dkk. 2018. “Pemberdayaan Masyarakat Olahan Es Krim Kulit Pisang Di Desa Jogosatru”. Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol.1 No.1. Hlm.2.

Jufri. Muhammad, Guasmin. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Olahan Keripik Pisang Membagu Kelompok Home Industri Menuju Masyarakat Sejahtera Di Kecamatan Sindue Tobata”. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat. Vol.2 No.2 . Hlm. 34

Arifin. Mohammad, dkk. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Paris Mootilango Gorontalo Melalui Pendampingan Budidaya Bawang Dayak”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat “INSAN CITA”. Hlm.4-8


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 43 times
PDF Download : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.