Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Mahasiswa Melalui Strategi Permainan Kata (Kartu Kata) Bitoqotul Kalimah Di Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Nurul Aini Pakaya(1),


(1) Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Corresponding Author

Abstract


Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan kemampuan Dosen atau Pengajar  dalam mengelola kelas, terutama kemampuan Dosen memanfaatkan strategi yang bisa menciptakan suasana menyenangkan dan aktif sehingga dapat menarik minat dan  dapat  menumbuhkan  semangat mahasiswa untuk mengikuti pelajaran, baik secara mandiri ataupun kelompok.Dosen  adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai serta  mengevaluasi mahasiswa.

Namun permasalahan yang muncul adalah sejauh mana Dosen bahasa Arab dapat mengembangkan sistem pengajarannya agar mahasiswa termotivasi dan semangat untuk mempelajari bahasa Arab. Apalagi dalam dunia pendidikan, manusia diwajibkan menuntut ilmu karena melalui pendidikan manusia dapat mengembangkan watak dan ditinggikan derajatnya.

Tujuan dari Team dosen Fakultas Ilmu Budaya program studi Sastra Arab memberikan Pelatihan Peningkatan Kemampuan  Bahasa Arab melalui  strategi Permainan Kartu Kata atau yang sering disebut(  bitoqotu-l- kalimah ) dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah mahasiswa dapat mengaplikasikan Strategi  tersebut sehingga dapat meningngkatan  kemampuan   Bahasa Arab sehingga  pemahaman materi yang didapat mahasiswa akan lebih efektif.

Strategi permainan kartu kata adalah media yang dapat mengenalkan gambar-gambar dan kata-kata yang nantinya memudahkan dosen dalam proses penyampaian materi pembelajaran , terutama dalam berbahasa.Perubahan yang terjadi pada mahasiswa ketika pelatihan ini adalah adalah timbulnya semangat dan motivasi mereka dalam belajar karena mereka diberi tahu sejak awal bahwa akan ada permainan Memilih Pasangan Kartu setelah penyajian materi oleh dosen yang akan dilanjutkan dengan tes akhir. Mereka lebih fokus dan serius dalam mengikuti presentasi materi oleh dosen.

 

Kata Kunci : Bahasa Arab, Permainan Kata, Bitoqotul


References


Ansto, Rahadi Media Pembelajaran, (Jakarta:Dikjen Dikti Depdikbud, 2003)

A. Akrom Malibary, dkk ,Pedoman Pengajaran Bahasa Arab pada PT IAIN. Jakarta: Depag RI. . (1991).

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga (Jakarta: Balai Pustaka, 2005)

Ismiyati, Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Sucen Gemawang Temanggung, Jurnal Anak Usia dini, Vol 3, No 2, (2018)

Latuheru, John , Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa kini, (Jakarta: Depdikbud, 1998)

Winarno. Surakhmad (1979). Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Jammers.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 16 times
PDF Download : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.