Analisis Kelayakan Finansial Brownies Siapi-Api Sebagai Produk Oleh-Oleh Dari Hutan Mangrove Baros Bantul

Retty Ikawati, Isana Arum Primsari

Abstract

Keberadaan hutan mangrove di pesisir selatan kota Yogyakarta, kawasan hutan Baros, Bantul turut serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Pengembangan kawasan tujuan wisata semakin digalakkan dengan menggerakkan sarana dan prasarana pendukung, seperti usaha perjalanan, hotel dan rumah makan serta industri-industri kerajinan, makanan khas dan tradisional. Sementara itu, hutan mangrove menghasilkan  berbagai macam buah mangrove, salah satunya adalah buah siapi-api (Avicenna marina). Buah ini memiliki potensi untuk diolah sebagai bahan pangan seperti yang telah dilakukan oleh beberapa kawasan hutan mangrove lainnya di Indonesia. Menjawab tantangan tersebut maka dikembangkanlah produk yang memanfaatkan buah mangrove sebagai bahan brownies siapi-api sebagai produk oleh-oleh dari Baros, Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan finansial pendirian industri kecil brownies siapi-api. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif  dengan obyek Kelompok Pemuda Pemudi Baros (KP2B), melalui observasi, survey dan wawancara serta metode kuantitatif melalui perhitungan untuk mengetahui kelayakan finansial. Analisis data finansial yang digunakan menggunakan rumus Revenue Cost (R/C), Benefit Cost (B/C), dan Return On Investment (ROI). Hasilnya,  analisis kelayakan finansial menunjukkan bahwa R/C sebesar 1,43 yang artinya R/C>1 layak usaha, aspek B/C sebesar 0,43 yang artinya usaha ini layak dijalankan (B/C>0). Aspek yang terakhir yaitu ROI diperoleh sebesar 43%. Dengan demikian, usaha ini layak untuk dilanjutkan.

Keywords

Avicenna marina; buah mangrove; kelayakan finansial

Full Text:

PDF

References

Cardozo, R. N., & Smith, D. K., 1983. Applying Financial Portfolio Theory to Product Portfolio Decisions: An Empirical Study. Journal of Marketing, Vol. 47 (2) : 110

https://doi.org/10.2307/1251498

de Rezende, C. E., Kahn, J. R., Passareli, L., & Vásquez, W. F., 2015. An Economic Valuation Of Mangrove Restoration In Brazil. Ecological Economics, 120, 296–302.

https://doi.org/10.1016/j.ecolecon.2015.10.019

Dinas Pariwisata., 2017. Statistik Kepariwisataan DIY Tahun 2017. Dinas Pariwisata DIY, 114.

Giri, C., Long, J., Abbas, S., Murali, R. M., Qamer, F. M., Pengra, B., & Thau, D., 2015. Distribution and Dynamics Of Mangrove Forests Of South Asia. Journal of Environmental Management, Vol 148 : 101–111.

https://doi.org/10.1016/j.jenvman.2014.01.020

Handjojo, E. S., Syarief, R., & Sugiyono., 2017. Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Teh Papua (Vernonia amygdalina). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, Vol 12 (2) : 145–150.

https://doi.org/10.29244/mikm.12.2.145-150

Herwanti, S., 2015. Kajian Pengembangan Usaha Sirup Mangrove Di Desa Margasari Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Hutan Tropis, Vol 4 (1), 35–40.

Ismi, T., 2014. Valuasi Ekonomi Sumber Daya Mangrove Di Dusun Baros Desa Tirtohargo Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Universitas Gadjah Mada, 1–3.

Kasmir, & Jakfar., 2017. Studi Kelayakan Bisnis (cetakan ke 12). Jakarta: Prenamedia Group, Jakarta.

Pasaribu, M. C., Prasmatiwi, F. E., & Murniati, K., 2016. Analisis Kelayakan Finansial Usaha Tani Kakao di Kecamatan Bulok Kabupaten Tanggamus. JIIA, Vol 4 (4) : 367–375. Retrieved from http://sinta2.ristekdikti.go.id

Purnamasari, D., & Hendrawan, B. (2013). Analisis Kelayakan Bisnis Usaha Roti Ceriwis sebagai Oleh-Oleh Khas Kota Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, Vol 3 (1), 83–87.

Purwanti, P., Susilo, E., & Setijawati, D., 2016. Analisis Pengembangan Usaha Berbasis Mangrove di Pantai Damas Kabupaten Trenggalek. Journal of Innovation and Applied Technology, Vol 2 (1) : 217–225.

Rahman, M. M., & Mahmud, M. A., 2018. Economic Feasibility Of Mangrove Restoration In The Southeastern Coast Of Bangladesh. Ocean and Coastal Management, Vol 161 : 211–221.

https://doi.org/10.1016/j.ocecoaman.2018.05.009

Rina, N., & Yuriadi, R. W., 2019. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda sebagai Kue Oleh-oleh Bandung. Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, Vol 5 (1): 66–73.

https://doi.org/https://doi.org/10.25124/liski.v5i1

Runtu, T., Poputra, A., & Wangarry, A., 2015. Pengaruh Tingkat Return on Investment (ROI), Net Profit Margin (NPM), Dan Debt to Equity Ratio (DER) Terhadap Harga Saham Perbankan Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol 3 (4) : 470–477.

Sabana, C., 2014. Kajian Pengembangan Produk Makanan Olahan Mangrove. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol 14 (1) : 40–46.

Sajari, I., Elfiana, & Martina. (2017). Analisis Kelayakan Usaha Keripik Pada UD. Mawar Di Gampong Batee Ie Liek Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jurnal S. Pertanian, Vol 1 (2) : 116–124.

Syahrani, H. A. H. (2003). Pengusahaan Kebun Hutan dengan Tanaman Buah Durian ( Durio Zibethis Murr ) Propinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol 8 (2) : 137–146.

Yusendra, M. A. E. (2015). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pemilihan Destinasi Wisata Bagi Wisatawan Domestik Nusantara. Jurnal Magister Manajemen, Vol 1(1) : 46–64.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.