Efektivitas Konstruksi Jembatan Layang Sebagai Penguraian Kemacetan dalam Kerangka Smart Mobility di Kota Yogyakarta Tahun 2019 (Studi Kasus Jembatan Layang (Fly Over) Janti)

Luthfiana Putri Aisyah(1), Eko Priyo Purnomo(2), Aulia Nur Kasiwi(3),


(1) Departement of Government Affairs and Administration, Jusuf Kalla School of Government, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(2) Departement of Government Affairs and Administration, Jusuf Kalla School of Government, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
(3) Departement of Government Affairs and Administration, Jusuf Kalla School of Government, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Corresponding Author

Abstract


This research was conducted to determine the efforts made by the Yogyakarta city government to realize a good mobility system to overcome the congestion that occurs, one of which is at the Janti intersection, Yogyakarta. In its implementation as a breakdown of congestion, it is necessary to know the extent to which the effectiveness and impact arising from the construction of the Janti fly over. This research is a type of descriptive qualitative research that presents factual and systematic data. Data collection is done by observation and literature review in order to dig up information and process and draw conclusions as a qualitative research method. The urgency of the embodiment of smart cities in other cities in Indonesia is the imbalance of population growth with the development of industrialization. Technology-based smart mobility systems are designed to regulate the movement of public transportation and traffic management in a city. The application of information technology aims to have a smooth and convenient impact on traffic. The results of this study explain that the Janti fly over is the primary arterial road that connects the three Janti intersections. This development has an effect on traffic circulation, which is reducing the level of vehicle density and congestion. Not only the positive impact but the negative impact is also felt by residents who live around the fly over, especially since since 2017 the road closure has been put under the Janti fly over.The results of this study can certainly be an evaluation material for the government in reviewing the application of policies that have been made. Given the social and economic impacts that occur due to the construction and closure of the road under the Janti fly over.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kota Yogyakarta untuk mewujudkan system mobilitas yang baik guna mengatasi kemacetan yang terjadi salah satunya di persimpangan Janti, Yogyakarta. Dalam implementasinya sebagai pengurai kemacetan, perlu diketahui sejauh mana efektivitas dan dampak yang ditimbulkan dari pembangunan fly over Janti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menyajikan data factual dan sistematis. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tinjauan literature guna menggali informasi dan mengolah lalu menarik kesimpulan sebagaimana metode penelitian kualitatif dilakukan. Urgensi perwujudan kota cerdas di kota-kota lainnya di Indonesia adalah tidak seimbangnya pertumbuhan konsentrasi penduduk dengan perkembangan industrialisasi. System smart mobility yang berbasis teknologi  dirancang untuk mengatur pergerakan transportasi public dan traffic management suatu kota. Penerapan teknologi informasi ini bertujuan untuk memberikan dampak kelancaran dan kenyamanan dalam berlalu lintas. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa fly over Janti merupakan jalan arteri primer yang menjadi penghubung simpang tiga Janti. Pembangunan ini berpengaruh pada sirkulasi lalu lintas yaitu pengurangan tingkat kepadatan kendaraan dan kemacetan. Tak hanya dampak positif namun dampak negative juga dirasakan warga yang bermukim di sekitar fly over terlebih setelah sejak tahun 2017 mulai diberlakukan penutupan jalan di bawah fly over Janti. Hasil dari penelitian ini tentunya bisa menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah dalam mengkaji penerapan kebijakan yang telah dibuat. Mengingat dampak sosial dan ekonomi yang terjadi akibat adanya pembangunan dan penutupan jalan di bawah fly over Janti tersebut.


Keywords


smart mobility; fly over; traffic jam; lalu lintas

References


Arman Syah Putra. (n.d.). SMART CITY : GANJIL GENAP SOLUSI ATAU MASALAH DI DKI JAKARTA. 3(129), 1–10.

Aryandi, R. D., & Munawar, A. (2014). Penggunaan Software Vissim Untuk Analisis Simpang Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Mirota Kampus Terban Yogyakarta). The 17th FSTPT International Symposium, 2(1), 338–347.

Boru, J. El. (n.d.). Analisis Pengaruh Pembangunan Jalan Layang Janti.

Bruce, 2011. (2013). Smart Cities as Democratic Ecologies. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Darmawan, E. (2018). PERKEMBANGAN SMART CITY KOTA TANJUNGPINANG Eki Darmawan. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(02), 60–78.

Fauzan, R. (2017). Matra pembaruan. Jurnal Matra Pembaruan, 1(Inovasi kebijakan), 75–84.

Fritz Akhmad Nuzir, R. S. (2015). Smart People , Smart Mobility. (September). https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3056.4324

Gunartin, G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Kendala Ketercapaian Smart Mobility Dalam Upaya Menuju Konsep Smart City (Studi Pada Kota Tangerang Selatan). Inovasi, 5(2), 33. https://doi.org/10.32493/inovasi.v5i2.y2018.p33-41

Hariani, P., Safina, L., & Syarifuddin, J. (2017). City Smart Transportation Sebagai Strategi Medan Menuju Smart City. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 5(2), 50–58.

Hasibuan, A., & Sulaiman, O. K. (2014). Smart City, Konsep Kota Cerdas Sebagai Alternatif Penyelesaian Masalah Perkotaan Kabupaten/Kota, Di Kota-Kota Besar Provinsi Sumatera Utara. Buletin Utama Teknik, 14(2). Diambil dari http://www.plimbi.com/news/158601/smart-city-konsep-kota-cerdas

Ibnu, M. (2018). Makalah Penjelasan ( explanation ) Mengenai Tingkat Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa. (September).

Janu, M. (2010). Analisis dampak sosial dan ekonomi dalam pembangunan. Pelita, X, 11–24.

Khosyi, Y. A., Nurrohman1, A., & Fahmi, R. A. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Social Enterprise. (5), 1–10.

Monoarfa, H. (2012). Efektivitas dan Efisiensi Penyelenggaraan Pelayanan Publik: Suatu Tinjauan Kinerja Lembaga Pemerintahan. Jurnal Pelangi Ilmu, Vol 5.

Nilma. (2015). Jurnal manajemen, strategi bisnis dan kewirausahaan . 9(1), 26–30.

Papa, E., & Lauwers, D. (2015). Smart Mobility: Opportunity or Threat to Innovate Places and Cities? Real Corp 2015, 2(May), 543–550.

Purnomo, E. P., Obisva, G., & Astutik, Z. A. (2019). Smart Government: The involvement of government towards public services in Yogyakarta for Smart Development. (August), 28–30.

Purnomowati, W., & Ismini. (2014). Konsep Smart City Dan Pengembangan Pariwisata. Jurnal JIBEKA, 8(1), 65–71.

Raharja, A. M., Bagus, I. G., Dharma, B., Industri, J. T., Teknik, F., Mada, U. G., … Yogyakarta, N. (2017). Kajian Literatur Simulasi Pengaruh Penerapan Underpass Di Beberapa Persimpangan Lainnya. III.

Shiddekh, M. A. I., & Suryani, E. (2018). Model Sistem Dinamik Spasial untuk Mengurangi Tingkat Kepadatan Ruas Jalan Utama Kota Surabaya dengan Metode Smart Mobility. Jurnal Teknik ITS, 7(1). https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28314

Wini Mustikarani, & Suherdiyanto. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kemacetan Lalu Lintas Di Sepanjang Jalan H Rais a Rahman (Sui Jawi) Kota Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(1), 143–155.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 1043 times
PDF Download : 303 times

DOI: 10.32662/gjgops.v3i1.824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.