Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit

Annisa Dewi Rachmawati, Choirul Anna Nur Afifah

Abstract

Abstract

 

Patient satisfaction with the quality of nutritional services greatly affects the image of the hospital in terms of the food served and the services provided to patients. This study aims to determine the level of satisfaction of inpatients with the food served at the Randegansari Husada Hospital, Gresik. This research was a descriptive analytic research with a cross sectional approach using a survey method. Sampling by purposive sampling, with total sample 30 patients. The research data was included satisfaction with serving and serving food as well as patient food waste (platewaste). Analysis technique was carried out by means of univariate analysis. Measuring the satisfaction of serving food was considered very satisfied by the patient on the principle of proper presentation, the principle of water content, the principle of heat, the principle of cleanness, the principle of storage, and the principle of separation. Measuring food service satisfaction is considered very satisfied in the aspect of reliability, responsiveness, competence aspect, accessibility aspect, ethical aspect, credibility aspect, and facility completeness aspect, but the communication aspect was considered less satisfied by the patient. The mean of the patient's leftover food during the observation reached 16.16%. The most platewaste was found at breakfast time of 21.66% while the least was at dinner time of 7.8%. Most of the platewaste occurred in the type of vegetable food which reached 19.32% and the least amount of food left was in the animal side dish of 12.88%. The conclution was the patient very satisfied in proper presentatin and food service aspect.

 

Keywords: patient satisfaction; food serving and service; platewaste

 

Abstrak

 

Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan gizi sangat mempengaruhi citra rumah sakit ditinjau dari makanan yang disajikan maupun jasa yang diberikan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap terhadap makanan yang disajikan dan pelayanan makanan di rumah sakit Randegansari Husada Gresik. Penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode survei. Pengambilan sampel secara purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 30 pasien. Data penelitian meliputi kepuasan penyajian dan pelayanan makanan serta sisa makanan pasien (plate waste). Teknik analisis kepuasan makanan dilakukan dengan cara analisis univariat. Pengukuran kepuasan penyajian makanan dinilai sangat puas oleh pasien pada prinsip tepat penyajian, prinsip kadar air, prinsip panas, prinsip bersih, prinsip pewadahan, dan prinsip pemisah. Pengukuran kepuasan pelayanan makanan dinilai sangat puas pada aspek reliabilitas, aspek tanggap, aspek kompetensi, aspek accessibility, aspek etika, aspek kredilitas, dan aspek kelengkapan fasilitas, namun aspek komunikasi dinilai kurang puas oleh pasien. Rerata sisa makanan pasien selama pengamatan mencapai 16,16%. Sisa makanan paling banyak terdapat pada waktu makan pagi sebesar 21,66% sedangkan paling sedikit pada waktu makan malam sebesar 7,8%. Sisa makanan paling banyak terjadi pada jenis makanan sayur yang mencapai 19,32% dan sisa makanan paling sedikit pada lauk hewani sebesar 12,88%. Kesimpulan menunjukkan pasien sangat puas terhadap penyajian makanan dan pelayanan makanan.

 

Kata kunci: kepuasan pasien; penyajian dan pelayanan makanan; sisa makanan

Full Text:

PDF

References

Agustina F. 2016. Hubungan Antara Daya Terima Makanan Dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Gizi Pasien Hipertensi Rawat Inap Di RSUD Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Agustina L dan Primadona S. 2018.. Hubungan Antara Rasa Makanan Dan Suhu Makanan Dengan Sisa Makanan Lauk Hewani Pada Pasien Anak Di Ruang Rawat Inap RUMKITAL Dr. Ramelan Surabaya. Anumerta Nutr. 2(3): 245-253.

Aliffianti R. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Purworejo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Aminuddin NF, Vijayakumaran RK, Abdul RS. 2018. Patient Satisfaction With Hospital Foodservice And Its Impact On Plate Waste In Public Hospitals In East Malaysia. Hosp Pract Res. 3(3): 90–7.

Anggraeni dan Ria R. 2016. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Penyajian Dan Pelayanan Makanan Yang Disajikan Di Rumah Sakit Condrong Catur. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2003. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat.

Dewi S, Elvira, Arum P. (2017). Hubungan Karakteristik Personal Pasien Dengan Lama Rawat Pasien Moderate Care Di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Ernalia Y. 2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Penyakit Dalam Dan Ruang Bersalin Terhadap Pelayanan Makanan Pasien Di RSUD Mandau Duri. Jurnal Gizi STIKes Tuanku Tambusai Riau. 34(3): 1 – 10.

Fithriyati D. 2017. Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Dewasa Kelas II Dan III Rumah Sakit Pelita Anugerah Mranggen. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Semarang. Semarang.

Hartiningsih D. 2014. Hubungan Cita Rasa, Besar Porsi Dan Waktu Pemberian Makan Terhadap Sisa Makanan Lunak Pasien Kelas 3 Di Rsud Berkah Kabupaten Pandeglang. Naskah Publikasi. Universitas Esa Unggul. Jakarta.

Irawati I, Prawiningdyah Y, Budiningsari RD. 2010. Analisis Sisa Makanan Dan Biaya Sisa Makanan Pasien Skizofrenia Rawat Inap Di Rumah Sakit Jiwa Madani Palu. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 6(3):123-30.

Jessri M, Mirmiran P, Jessri M, Johns N, Rashidkhani B, Amiri P. 2011. A Qualitative Difference. Patients’ Views Of Hospital Food Service In Iran. Appetite. 57(2): 530–3.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2008. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Pelayanan Gizi Rumah Sakit (PGRS). Jakarta: Direktorat Jendral Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.

Khairunnas. 2011. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Sisa Makanan Pada Pasien Yang Dirawat Inap Di Rumah Sakit Dr. Achmad Mochtar Bukit Tinggi. Tesis. Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Nareswara AS. 2017. Hubungan Kepuasan Pasien Dari Kualitas Makanan Rumah Sakit Dengan Sisa Makanan Di Rsud Kota Semarang. Ilmu Gizi Indones. 1(1): 34–9.

Nuraini N, Bintanah S, Nugraheni K. 2017. Suhu makanan dan sisa makanan pasien dewasa diet lunak di rawat inap penyakit dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang. Jurnal Gizi Unimus. 6(1): 42-9.

Nurqisthy A, Andriana M, Muniroh L. 2016. Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Tingkat Kecukupan Energi dan Protein Pasien di Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Media Gizi Indonesia. 1(2): 20 - 33.

Nuryani, Ramadhani F, Lestari A. 2020. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Makanan Di Instalasi Gizi RSUD Dr. M.M Dunda Limboto. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan. 4(2): 166-180.

Oktaria. 2014. Hubungan Kepuasan Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Pasien Di Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. (Skripsi). Universitas Brawijaya. Malang.

Prawiningdyah D. 2011. Menu Pilihan Diet Nasi Yang Disajikan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien VIP Di RSUD Provinsi Sulawesi Tengggara. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 7(3): 112-120.

Purba RB, Kandou G, Laode AC. 2013. Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien pada Penyelenggaraan Makanan di BLU Irina C. Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. (Skripsi). Universitas Sam Ratulangi. Manado.

Sastrianegara MF. 2014. Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Salemba Media. Jakarta.

Siti M, Zulpahiyana Z, Indrayana S. 2016. Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 4(1): 30-34.

Supranto J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Cetakan Keempat. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Wahyunani dan Bernadeth D. 2017. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Pasien VIP Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Laporan Penelitian. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Yogyakarta.

Article Metrics

Abstract View : 132 times
PDF Download : 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.