KOMPETENSI PAMONG BELAJAR DALAM PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK BIDANG PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR KOTA GORONTALO

Ridwan Salam, Asna Aneta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komptensi pamong belajar dalam peningkatan kualitas pelayanan publik bidang penyelenggaraan pendidikan kesetaraan paket c di SKB Kota Gorontalo.

Metode yang digunakan adalah eksploratory, dan diperkuat dengan data kuantitatif dan quesioner. Dan data-data yang diperoleh berasal dari wawancara, observasi, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Analis data menggunakan teknik distribusi frekuensi relatif dan penarikan kesimpulan data menggunakan weight mean score.

Hasil penelitian kompetensi pamong belajar dalam peningkatan kualitas pelayanan publik bidang penyelenggaraan pendidikan kesetaraan paket c di SKB Kota Gorontalo, menyimpulkan hal sebagai berikut:  1) Standar kompetensi pamong belajar di SKB Kota Gorontalo sudah terlihat cukup memadai dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan, terlihat dari profesionalisme pamong dan juga kompetensi pribadi,sosial pamong dalam penyelenggaraan pendidikan sudah terarah. 2) Faktor penentu keberhasilan pamong belajar di SKB Kota Gorontalo dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan yakni pengalaman kerja, pengetahuan, keterampilan, dan motivasi kerja sejauh ini sudah memenuhi standar kompetensi yang harus dimiliki setiap pamong belajar. Dimana terlihat ada beberapa pamong belajar yang sudah menguasai regulasi penyelenggaraan pendidikan dan juga latar belakang keilmuan yang sudah sesuai dengan bidang disipli ilmu. 3) Dalam upaya peningkatan  kompetensi pamong belajar implementasi dari pembentukan kelompok kerja dan Lesson Study (Komunitas Belajar) belum optimal pelaksanaannya. Dimana masih sangat minim pamong belajar yang membentuk kelompok-kelompok kerja dan komunitas belajar dalam penyelenggaraan pendidikan kesetaraan paket c di SKB Kota Gorontalo. 4) Dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dibidang penyelenggaraan pendidikan kesetaraan paket c  di SKB Kota Gorontalo sudah sesuai dengan standar pelayanan yang diharapkan, tetapi sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan pendidikan kesetaraan belum memadai.

Keywords

Kompetensi pamong belajar ,Kualitas layanan.

Full Text:

PDF

References

Arifin, Imron., Sonhadji Ahmad dkk. (1996). Penelitian Kualitatif Dalam Ilmuilmu sosial dan keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

Afrial, R. 2009 Kualitas Pelayanan Publik Kecamatan Sebuah Perubahan Kedudukan dan Fungsi Camat Sebagai Perangkat Daerah. Jurnal Adminstrasi Dan Organisasi, [internet] 16(2). 87 95. available from: [accessed by 18 agustus 2015].

Asmani J.M. (a) 2009, 7 Kompetensi Guru Yang Menyenangkan Dan Professional. Yogyakarta: Power Books.

Asmani J.M. (b) 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya

Barata, A. A. 2003 Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta, PT Elex Media Komputindo.

Bari,A.H, Waspodo.(2006). Buku Acuan Nasional Pelayanan kesehatan Maternal dan Neonatal, Jakarta: YBP-SP

Dharma, S. 2005. Manajemen Kinerja. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Fondation. Gaspersz, V. 1997. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Hatry, Harry P. 1999. Performance Measurement: Getting Results, Second Edition, Urban Insti-tute Press.

Hadis, A dan Nurhayati. 2010. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Joe Fernandez, Partisipasi Dan Transparansi, http://www.ipcos.or.id/articles/32-participation/23-partisipasi-dan-transparansi-dalam-pembangunan.html.

Komar, Oong. 2006. Filsafat Pendidikan Nonformal. Bandung: Pustaka Setia

Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara, (2003) Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Jakarta.

Kadji, Yulianto. 2008. Implementasi Kebijakan Publik Dalam Perspektif Realitas, Cahaya Abadi, Tulungagung.

Linclon, Y.S dan Guba, E.G., 1985. Effective Evaluation. Sanfransisco: Jossey Bass Publishers.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis: A ourcebook of New Methods. California; SAGE publications Inc.

Majid, A. 2005 Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Moleong, Lexy J, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Muljono, P. 2006 Standar Proses Pembelajaran. Buletin BSNP:Vol.I/No. 2 Mei 2006

Ndraha, Talizduhu; 2003 Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta

Roe, R.A. 2001. Competencies and Competence Managemet. Paper European Congress for W&O Psychology, Prague

Rana, Anoop SJB. (1999). The Sky Limit Public Services: New Approach. Liberal Times, FNS.

Syah, M. 2000 Psikologi Pendidikan dengan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Samosir, Z. Z. (2005) Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, [internet] 1(1). 28 36, Available from: [accessed by 24 Agustus 2015].

Sinambela, LijanPoltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik:Teori, Kebijakan, dan

Implementasi. Jakarta: PT. BumiAksara.

Sedarmayanti, (a). 2007; Manajemen Sumber Daya Manusia; PT Refika Aditama.Bandung

Sedarmayanti, (b). 2004. Good Governance (Kepemerintahan yang Baik) Bagian Kedua: Membangun Manajemen Sistem Kinerja Guna Meningkatkan Produktivitas Menuju Good Governance (Kepemerintahan yang Baik). Bandung: Mandar Maju.

Soekanto, S. 1982. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tjiptono, F & Chandra, G. 2005 Service, Quality & Satisfaction. Yokyakarta, Andi.

Widodo,Joko. 2001. Good Governance. Surabaya: Insan Cendekia

Dokumen :

Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Permenpan dan RB No. 15 tahun 2010 tentang jabatan fungsional pamong belajar dan angka kreditnya

Permenpan dan RB Nomor 36 Tahun 2012 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan, Pentetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan.

Permenpan dan RB Nomor 38 Tahun 2012 tentang Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik

Afif Afghohani, Utami Murwaningsih, Andhika Ayu W, dan Januar Budi. 2011 Peningkatan Profesionalitas Guru dan Kualitas Proses Pembelajaran di SMA Veteran 1 Sukoharjo melalui Penerapan Kegiatan Lesson Study.http://lppmbantara.com/pros_01247252.pdf

Bill Cerbin & Bryan Kopp. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Depdiknas. Standar Pengembangan KKG dan MGMP. Jakarta: Dir. Profesi Pendidik PMPTK, 2008.

Depdiknas. Panduan Pelaksanaan Lesson Study di L PTK. Jakarta: Dir. Ketenagaan Dikti, 2008.

Maryumis, Aleks. Dalam Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta; Kencana, 2004.

Sagala, Syaiful.. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2003.

Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.