Pengaruh Pemberian Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap Morbiditas pada Balita Gizi Kurang Umur 6-58 Bulan

Nur Asmi

Abstract

Abstrak

 

Infeksi  Saluran  Pernafasan  Akut  (ISPA)  adalah  infeksi   akut yang melibatkan organ saluran pernapasan bagian atas dan saluran pernapasan bagian bawah. Bayi di bawah lima tahun adalah kelompok yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang masih rentan terhadap berbagai penyakit (Prabowo, 2012). Berdasarkan survey yang dilakukan di Bontoramba kab. Jeneponto, Responden ibu yang melaporkan Anak sakit dalam 2 minggu terakhir yaitu demam sebanyak 73,9%, beringus 52,2%, Batuk 60,9%,  diare 21,7% dan sesak 13,3%. Juga dilaporkan bahwa ibu yang memberikan obat dan vitamin bagi Bayi yang sakit sebanyak 60,9% dan sama sekali tidak memberikan obat dan vitamin sebanyak 34,8% (Unhas, 2014).  Penelitian ini bertujuan menilai pengaruh pemberian virgin coconut oil (VCO) terhadap morbiditas anak balita gizi kurang umur 6-58 bulan di kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto tahun 2015. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan randomize pretest postest with control group. Sampel adalah Balita Gizi Kurang yang dipilih secara purposive sebanyak 137 orang yang dibagi 2 kelompok. Kelompok perlakuan diberi PMT dan VCO, sedangkan kelompok control diberi PMT saja. Kejadian infeksi, frekuensi dan lama sakit diukur sebelum dan setelah intervensi. intervensi dilakukan selama 2 bulan dimulai pada bulan Agustus 2015. Data dianalisis dengan membandingkan perubahan sebelum dan setelah intervensi menggunakan Wolcoxon test, membandingkan antara kelompok perlakuan dan kelompok control menggunakan mann whitney u test.  Hasil penelitian menujukkan bahwa pada kejadian, frekuensi dan lama ISPA mengalami perbedaan perubahan, yakni nilai p<0,05. Nilai p-value masing-masing kejadian diare (0,443), Frekuensi diare (0,957) dan lama diare (0,627). Dengan demikian, VCO memiliki pegaruh pada ISPA, namun tidak ada pengaruh pada diare. Pemberian VCO dapat mengurangi kejadian, Frekuensi dan Lama ISPA pada balita. Namun tidak mengurangi kejadian, Frekuensi maupun lama Diare.

Keywords

Kata kunci; balita gizi kurang; diare; ISPA; minyak kelapa murni (vco)

Full Text:

PDF

References

DAFTAR PUSTAKA

Amin, S. & Prabandono, K. 2014. Coco Preneurship Yogyakarta, Lily Publisher

Dewandono 2014. Pemanfaatan VCO (Virgin Coconut Oil) dengan Teknik Message dalam Penyembuhan Luka Dekubitus Derajat II pada Lansia. Available: http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id/ [Accessed 2014].

Dr. Marry G. Enig, P. D. 2010. Minyak Kelapa Murni (VCO) Makanan sehat jaman kuno untuk dunia modern.

Marhamah, Arsin, A. A. & Wahiduddin 2012. Faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada anak terhadap perolehan VCO [Online]. www.eprints.upnjatim.ac.id

Novarianto dan Hengky, 2020. Kandungan asam laurat pada berbagai varietas kelapa sebagai bahan baku VCO, Manado; url: http://repository.pertanian.go.id/handle/123456789/1562

Ir. Luluk Edahwati, M. 2011. Aplikasi Penggunaan Enzym Papain Dan Bromelin Prabowo, G. S. 2012. Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kejadian ISPA Pada Balita Di Desa Cepokomulyo Wilayah Kerja Puskesmas Gemuh I Kabupaten Kendal. JTPTUNIMUS. Available: http://digilib.unimus.ac.id.

Karnen Garna Baratawidjaja, I. R. 2014. Imunologi Dasar, Jakarta, FKUI.

Kusuma, R. J. Profil lama diare pada anak dengan pemberian minyak kelapa Murni (VCO) Jurnal Kedokteran Brawijaya, Vol. XXI, No. 3. Available: www.jkb.ac.id [Accessed Desember 2015].

RISKESDAS 2013. Penyajian Pokok-Pokok Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013.

UNHAS, M. G. P. 2014. Laporan Hasil Tahap I: Survei Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Baduta di Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto, Makassar, Pascasarjana UNHAS.

UNICEF, WHO & BANK, T. W. 2014. Joint Child Malnutrition Estimates 2014. Available: http://www.who.int/entity/nutgrowthdb/jme_unicef_who_wb.pdf.

Wijaya, Y. 2012. Faktor Risiko Kejadian Diare Balita Di Sekitar TPS Banaran Kampus UNNES. Unnes Journal of Public Health, 2. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujph.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.