Produksi Ikan Nila Salin Pada Perairan Lokal Hutan Mangrove Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka

Eva Utami, Eva Prasetiyono, Teguh Iskandar, Endah Prihatini Isnawati

Abstract

Potensi Perairan payau pada aliran sungai hutan mangrove di Pulau Bangka sangat besar. Beberapa masyarakat memanfaatkan sebagai media pemeliharan bagi komoditi air payau . Kelompok pembudidaya ikan Perpat Permai di Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka merupakan pembudidaya ikan yang bergerak pada kegiatan budidaya air payau. Budidaya yang dilakukan belum optimal dalam mendapatkan kuantitas dan kualitas yang diharapkan. Ikan nila salin merupakan ikan nila yang hidup diperairan payau dan bernilai ekonomis tinggi. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan aplikasi IPTEKS berupa sistem dan teknologi untuk menghasilkan ikan nila salin yang memiliki nilai jual tinggi. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kapasitas produksi budidaya yang dimiliki oleh para pembudidaya ikan. Kegiatan ini dilaksanakan di tambak ikan yang dimiliki oleh para  pembudidaya ikan di Kelurahan Air Jukung, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka. Target khusus dari kegiatan ini adalah meningkatnya kapasitas produksi budidaya ikan dengan teraplikasinya sistem dan teknologi pada semua petak tambak budidaya bagi para pembudidaya ikan. Metode kegiatan ini yaitu melakukan kegiatan budidaya dengan menyisipkan aplikasi teknologi pada proses budidaya ikan nila salin. Hasil dari kegiatan ini yaitu ikan nila salin yang dipelihara tumbuh optimal pada tambak budidaya. Tambak tempat pemeliharaan ikan nila kondisi lingkungannnya sesuai dengan kelangsungan hidup dan pertumbuhan ikan nila salin. Jumlah ikan nila salin memenuhi kapasitas produksi ikan. Ikan nila salin mampu dipanen secara parsial dengan ukuran konsumsi sesuai dengan yang direncanakan.

Full Text:

PDF

References

Aliyah, R., S. 2017. Rekayasa Produksi Ikan Nila Salin Untuk Perairan Payau Di Wilayah Pesisir. JRL 10 (1) : 17 – 24.

Aliyas, Ndobe, S., dan Ya’la, Z.R. 2016. Pertumbuhan Dan Kelangsungan Hidup Ikan Nila (Oreochromis sp.) Yang Dipelihara Pada Media Bersalinitas. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako 5 (1) : 19 – 27.

Midlen A,Redding TA. 1998. Environmental management for Aquaculture. USA : Springer.

Prasetiyono, E. 2013. Efektivitas Kompos Batang Pisang (Musa sp.) Untuk meminimalisasi kandungan logam berat timah hitam (Pb) dan menaikan pH rendah pada media budidaya ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Akuatik-Jurnal sumberdaya Perairan vol. 7 No. 1 : 1-8.

Rahim, T., Tuiyo, R., Hasim. 2015. Pengaruh Salinitas Berbeda terhadap Pertumbuhan dan Tingkat Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila Merah (Oreochromis Niloticus) di Balai Benih Ikan Kota Gorontalo. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan 3 (1) : 39 – 43.

Salsabila, M., Suprapto, H. 2018. Teknik Pembesaran Ikan Nila (Oreochromis Niloticus) Di Instalasi Budidaya Air Tawar Pandaan, Jawa Timur. Journal of Aquaculture and Fish Health 7(3) : 118 – 123.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.