PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN JAGUNG MENJADI KERIPIK JAGUNG SARAGA KECAMATAN ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO UTARA

Meriyanti Ngabito(1), Roy Marthen Moonti(2), Ernikawati Ernikawati(3), Hendra Wijaya(4), Yusril Katili(5), Moh. Fauzan Ramadhan(6), Abdul Shamad Thaib(7), Diminus Kiwo(8), Anastasia Aurelia Putri(9), Aprillia Nanda Susanti(10), Leni Rahayu(11), Nurmaya Panigoro(12), Febrianti Moito(13),


(1) Gorontalo University
(2) Gorontalo University
(3) Universitas Gorontalo
(4) Universitas Gorontalo
(5) Universitas Gorontalo
(6) Universitas Gorontalo
(7) Universitas Gorontalo
(8) Universitas Gorontalo
(9) Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Gorontalo
(10) Universitas Gorontalo
(11) Universitas Gorontalo
(12) Universitas Gorontalo
(13) Universitas Gorontalo
Corresponding Author

Abstract


Salah satu cara dalam pembangunan ekonomi ini dengan mengoptimalkan produk unggulan atau komoditas unggulan.  Produk  unggulan  ini  akan memberikan  manfaat dalam pengoptimalan  sumber daya  yang  ada  dan mampu  memberikan  suatu  pengetahuan tentang suatu  bahan  yang  memiliki nilai ekonomis lebih. Selain itu, dengan adanya produk unggulan mampu menimbulkan potensi peningkatan ekonomi masyarakat suatu wilayah tersebut. Kegiatan unggulan desa ini dilakukan pada kegiatan Kuliah Kerja Pengabdian (KKP) yaitu kegiatan pemberdayaan masyarakat, sosialisasi pengolahan jagung menjadi keripik jagung SARAGA (Sumber Asli Asparaga). Lokasi pelaksanaan yaitu di desa Karya Indah Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo. Hasil dari kegiatan produk unggulan desa yaitu menemukan potensi yang ada di wilayah tersebut dan dijadikan sebuah produk yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Produk unggulan yang diciptakan merupakan potensi yang ada di wilayah tersebut yaitu jagung diolah menjadi keripik jagung SARAGA. Desa Karya Indah memiliki potensi pertanian jagung yang cukup tinggi, dengan produksi/produktivitas 4-6 Ton/Ha, namun belum ada upaya untuk mengolahnya menjadi produk olahan yang memiliki nilai lebih untuk peningkatan sektor perekonomian Desa Karya Indah.


References


Chuzaimah & Mabruroh. 2008. Identifikasi Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Lokal Untuk Meningkatkan Pada Era Otda. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi. Vol 14 (3).

Hidayah N, Istiani AN, Septiani A. 2020. Pemanfaatan jagung (Zea mays) sebagai bahan dasar pembuatan keripik jagung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di desa panca tunggal. Al-Mu'awanah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1;1(1):37-43.

Jufriyanto M. 2019. Pengembangan Produk Unggulan Sebagai Potensi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa di Kecamatan Modung Bangkalan. Jurnal Pangabdhi. Vol 5 (1).

Malinda, Y. 2014. Analisis Potensi Ekonomi Daerah dalam Pengembangan Komoditi Unggulan Kabupaten Agam. Economica: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Vol 3(1).

Yomalinda, J.G.P., 2015. Analisis Pembangunan Wilayah Berbasis Komoditi Unggulan Kabupaten Pasaman, Sumatera BARAT. Journal of Economic and Economic Education Vol, 3(2):pp.219-233.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 25 times
PDF Download : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.