Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan

Baiq Fitri Arianti

Abstract

The purpose of research is to empirically prove the influence of capital structure, sales growth and investment decisions on corporate value on mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2016-2020. The sampling method used is a purposive sampling method and obtained by 17 companies that are the objects of research. The study used regression analysis of panel data, using Eviews version 9. Based on the results of the analysis tested, showed that (1) jointly (simultaneously) capital structure, sales growth and investment decisions have an effect on firm value, (2) capital structure have a negative and significant effect on the value of the company, (3) sales growth have no effect on the value of the company, and (4) investment decisions have no effect the on value of the company.

Keywords

Capital Structure; Sales Growth; Investment Decisions; Value of the Company

Full Text:

PDF

References

Achmad, S. L., & Amanah, L. (2014). Pengaruh Investasi,Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2012. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 3(9), 1–15. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/885

Apriliyanti, V., Hermi, H., & Herawaty, V. (2019). Pengaruh Kebijakan Hutang, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan Dan Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Magister Akuntansi Trisakti, 6(2), 201. https://doi.org/10.25105/jmat.v6i2.5558

Arizki, A., Masdupi, E., & Zulvia, Y. (2019). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.24036/jkmw0254310

Chusnitah, N. ., & Retnani, E. . (2017). Pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(11), 553–568.

Dewi, I. A. P. T., & Sujana, I. K. (2019). Pengaruh Likuiditas, Pertumbuhan Penjualan, dan Risiko Bisnis Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 85. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p04

Dhani, I. P., & Utama, A. . G. S. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga, 2(1), 135–148. https://doi.org/10.31093/jraba.v2i1.28

Fista, B. F., & Widyawati, D. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(5), 2051–2070. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/1188

Ghozali, I., & Ratmono, D. (2020). Analisis Multivariat dan Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan Eviews 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriawati, I., Ariesta, M., & Santoso, E. B. (2018). Pengaruh profitabilitas, keputusan Investasi, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan deviden sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 -2016. Journal of Accounting, 1–19.

Dita, Tessa, S., L., & Mochammad, C., (2016). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. 5 (4), 1-14. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Mudjijah, S., Khalid, Z., & Astuti, D. A. S. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Stuktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(1), 41–56.

Nur, T. (2018). Pengaruh growth opportunity, profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan dividen sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014-2017. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(3), 393–411. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i3.175

Nurhasanatang, S., Taufik, T., & Azlina, N. (2020). Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan leverage, keputusan investasi dan manajemen laba terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. SOROT, 15(1), 13. https://doi.org/10.31258/sorot.15.1.13-31

Permatasari, D., & Azizah, D. F. (2018). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(4), 100–106. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A100

Ramdhonah, Z., Solikin, I., & Sari, M. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2017). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 67–82. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i1.15117

Romadhina, A. P., & Andhitiyara, R. (2021). Pengaruh Perencanaan Pajak, Pertumbuhan Penjualan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(2), 358. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i2.455

Siregar, M. E. S., Dalimunthe, S., & Trijuniyanto, R. S. (2019). Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, kebijakan dividen dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonessia periode 2015-2017. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(2), 356–385. https://doi.org/doi.org/10.21009/JRMSI.010.2.07

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Utami, A. P. S., & Darmayanti, N. P. A. (2018). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverages. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5719–5747. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v07.i10.p18

Wijaya, I. G. N. S. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Juima, 9(2), 8–15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.